Translate

Rabu, 18 Juli 2018

Membedakan burung sikatan jantan dan betina

      "Halo kicau mania,pada postingan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana sih,caranya membedakan burung kipasan/sikatan yang jantan dan betina,karena kebetulan pada kesempatan kali ini saya lagi pelihara burung yang cantik ini.
Awalnya saya mengunjungi tempat jualan burung untuk membeli pakan dan sekedar melihat lihat,barang kali ada koleksi baru yang menarik minat,karena kebetulan ada kandang yang tak dihuni di rumah,setelah melihat lihat kemudian secara tidak sengaja mata saya tertuju pada salah satu dari sekian banyak koleksi yang ada di tempat itu,saya perhatikan dan plototin dengan seksama,sepintas saya kenal burung itu,tetapi lupa namanya,dan setelah saya tanyakan pada si penjual,barulah saya teringat masa-masa kecil saya di kampung." Ya..! namanya burung sikatan atau kipasan jawa sebutan lainnya.Suaranya tidak asing ditelinga saya di masa itu,ia suka tinggal dan membuat sarang pada pohon bambu,suaranya yang khas melengking dan sangat ramai apabila sedang mau kawin.membuatku ingin bernostalgia dan memboyongnya.
Tanpa pikir panjang akhirnya saya jadi membelinya,tapi sobat,ada yang kelupaan waktu tiba di rumah,saya lupa tanyakan jenis kelaminnya,maklum terlalu bernafsu,dan sudah pasti saya tanya ke "Mbah google" (CARA MEMBEDAKAN KELAMIN JANTAN PADA BURUNG SIKATAN) dan se....ttt,keluar sob jawabannya.

1.     Sikatan jantan
         Memiliki warna bulu yang dominan
         hitam legam.

2.     Sikatan betina
         Memiliki bulu dengan warna yang lebih
         kusam kecoklatan
     
         Musim kawin
         (Antara bulan bulan Februari-maret)

         Ternyata cuma itu doang jawabannya sob,ga ada yang lainnya lagi.Kalo melihat perbedaan dari warnanya sih..hampir setiap burung ya seperti itu.akhirnya sayapun memperhatikan burung yang barusan saya beli,dan ternyata "CoKiAaaaaat....!?

1 komentar:

  1. Aslm mlikum om ssya pernah mikat sikatan dan dia memliki halis putih hanya seblah
    Lalu saya mikat lagi
    Dan dpt lgi yg ke dua ini memilik warna hitam legam dan garis putih di atas mata nya ada dua mirip alis....apa yg memiliki garis hdlis seblah itu betina ya...?

    BalasHapus